Minyak Bumi



        BAB I 
PENDAHULUAN
 
A.  Latar Belakang Masalah

Minyak bumi merupakan energi yang sangat dibutuhkan dalam zaman modern sekarang ini. Dikarenakan, aktivitas manusia yang amat beragam dari mulai memasak, kendaraan bermotor, hingga industri membutuhkan minyak bumi, gas alam, maupun batu bara. Hal ini, sangat menuntut adanya minyak bumi untuk menjalankan aktivitas manusia pada khusunya.

Aktivitas manusia sangat beragam. Dan membutuhkan energi sebagai faktor pendorong. Dengan aktivitas manusia yang takkunjung habisnya, pasokan minyak bumi kian hari kian menipis. Minyak bumi dan gas alam yang dibutuhkan oleh manusia diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lampau. Sisa – sisa organism itu mengendap di dasar lautan, kemudian ditutupi oleh lumpur. Lama kelamaan, endapan tersebut berubah menjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Sementara itu, dengan meningkatnya tekanan dan suhu, bakteri anaerob menguraikan sisa – sisa jasad renik itu dan mengubahnya menjadi minyak dan gas.

Beberapa teori menyatakan bahwa minyak bumi berasal dari mikro organisme yang mengalami perubahan komposisi dan struktur karena proses biokimia di bawah pengaruh tekanan dan suhu tertentu dalam rentang waktu yang sangat panjang sehingga butuh waktu yang lama untuk bisa terbentuk kembali. Sementara itu tingginya tingkat ketergantungan masyarakat dunia pada minyak bumi.Mendarong eksplorasi yang besar-besaran sehingga menyebabkan cepat habisnya cadangan minyak bumi.

Maka dari itu, banyak sekali pengembangan dari energi alternatif minyak bumi. Mulai dari tenaga surya, angin, gelombang air laut, dan lain – lain. Hal ini, dikarenakan untuk mendukung aktivitas manusia dan mengurangi ekspoitasi minyak bumi dan gas alam besar – besaran karena, digunakan secara besar – besaran oleh manusia itu sendiri.Energi alternatif terbukti dapat menyeimbangi atau mendorong aktivitas manusia itu sendiri.Dan juga, energi alternatif itu sangat ekonomis dan efesien, dilihat dari bahannya.Bahan energi alternatif sudah tersedia di alam. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas bagaimana, mengapa, dan apa itu minyak bumi.




B.   Tujuan

Makalah ini memiliki beberapa tujuan, yaitu :
1.      Mengetahui apa itu minyak bumi dan gas alam.
2.      Memberitahukan bagaimana caranya untuk menghemat minyak bumi dan gas alam.
3.      Mengetahui asal mula minyak bumi.
4.      Mengetahui apa itu energi alternatif.
5.      Mengetahui komposisi minyak bumi.
6.      Mengetahui dampak negatif minyak bumi.
7.      Mengetahui manfaat dan kegunaan minyak bumi terhadap aktivitas manusia sehari – hari.

C.   Rumusan Masalah

Terdapat beberapa rumusan masalah dalam makalah ini, yaitu :
1.      Apakah itu minyak bumi?
2.      Bagaimana minyak bumi terbentuk?
3.      Selain minyak bumi, apa saja energi lainnya?
4.      Apa saja komposisi dari minyak bumi?
5.      Apa saja dampak yang ditimbulkan dari minyak bumi?
6.      Bagaimana energi alternatif terbentuk?
7.      Apa saja bentuk dari energi alternatif?

D.  Manfaat Makalah

Makalah ini terdapat beberapa manfaatnya, diantaranya adalah :
1.      Memberitahukan informasi baru.
2.      Untuk menambah wawasan.
3.      Mengetahui energi apa saja yang terdapat di bumi.


BAB II
ISI

           
MINYAK BUMI

A.      Pengertian minyak bumi

     Minyak bumi
(bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latinpetrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerakbumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya.


B.       Proses pembentukan minyak bumi

     Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi. Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan sepanjang umur kita pun belum cukup untuk membuat minyak bumi dan gas. Jadi kita harus melakukan penghematan dan berusaha mencari sumber energi alternatif.

C.      Komposisi minyak bumi

Minyak bumi hasil pengeboran masih berupa minyak mentah (crude oil) yang kental dan hitam. Crude oil ini terdiri dari campuran hidrokarbon yaitu :
  1. Alkana
    Senyawa alkana yang paling banyak ditemukan adalah n-oktana dan isooktana (2,2,4-trimetil pentana)
  2. Hidrokarbon aromatisDiantaranya adalah etil benzene
  3. Sikloalkana Antara lain siklopentana dan etil sikloheksana
  4. Belerang (0,01-0,7%)
  5. Nitrogen (0,01-0,9%)
  6. Oksigen (0,06-0,4%)
  7. Karbon dioksida [CO2]
  8. Hidrogen sulfida [H2S]

D.      Pengolahan minyak bumi

     Minyak bumi biasanya beradai 3-4 Km di bawah permukaan. Untuk mengambil minyak bumi tersebut kita harus membuat sumur bor yang telah di sesuaikan kedalamannya. Minyak mentah yang diperoleh ditampung dalam kapal tangker atau dialirkan ke kilang minyak dengan menggunakan pipa. Minyak mentah yang tadi diperoleh belum bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar maupun keperluan lainnya. Minyak mentah tersebut haruslah diolah terlebih dahulu. Minyak mentah mengandung sekitar 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom C-1 hingga C-50. Pengolahan minyak bumi dilakukan melalui distilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok dengan titik didih yang mirip. Hal tersebut dilakukan karena titik didih hidrokarbon meningkat seiring dengan bertambahnya atom karbon (C) dalam molekulnya.
Mula mula minyak metah dipanaskan pada suhu sekitar 400C. Setelah dipanaskan kemudian di alirkan ke menara fraksionasi/destilasi

Menara destilasiMenara destilasi
Dimenara inilah terjadi proses destilasi. Yaitu proses pemisahan larutan dengan menggunakan panas sebagai pemisah. Syarat utama agar terjadinya proses destilasi adalah adanya perbedaan komposisi antara fase cair dan fase uap. Dengan demikian apabila komposisi fase cair dan face uap sama maka proses destilasi tidak mungkin dilakukan. Proses destilasi pada kilang minyak bumi merupakan pengolahan secara fisika yang primer sebagai awal dari semua proses memproduksi BBM (Bahan Bakar Minyak).










Skema penyulingan minyak
skema penyulingan minyak bumi menara destilasi

Minyak mentah hasil dari pengeboran di alirkan ke kapal tangker untuk kemudian di distribusikan ke kilang minyak. Disinilah terjadi proses destilasi yang sudah di jalaskan di atas. Pertama, miyak mentah dipanaskan dengan suhu sekitar 400 derajat C. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan akan mengalir turun ke bawah, sedangkan yang titik didihnya lebih randah akan menguap naik ke atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung. Semakin keatas suhu di dalam menara fraksionasi itu semakin rendah. Dengan demikian, setiap kali komponen dengan titik didih lebih tinggi naik, akan mengembun dan terpisah, sedangkan komponen dengan titik didih lebih rendah akan terus naik ke bagian yang lebih atas lagi. Begitulah seterusnya, sehingga komponen yang paling atas itu berupa gas. Komponen yang berupa gas itu disebut gas petrolium. Kemudia gas petrolium tersebut dicairkan dan dikelan sebagai LPG (Liquefied Petroleum Gas).
E.       Jenis Minyak Bumi
     Minyak bumi terdiri dari hidrokarbon, senyawa hydrogen dan karbon.  Empat alkana teringan, yaitu CH4 (metana), C2H6 (etana), C3H8 (propane), dan C4H10 (butana) semuanya adalah gas yang mendidih pada suhu -161.6˚C, -88.6˚C, -42˚C, dan -0.5˚C, berturut-turut (-258.9˚F, 127.5˚, -43.6˚, dan +31.1˚F).
Rantai karbon dengan C5-7 semuanya ringan, dan mudah menguap, nafta jernih. Senyawaan tersebut digunakan sebagai pelarut, cairan pencuci kering (dry clean), dan produk cepat-kering lainnya. Rantai dari C6H14 sampai C12H26 dicampur bersama dan digunakan untuk bensin. Minyak tanah terbuat dari rantai C10 sampai C15, diikuti oleh minyak diesel (C10 hingga C20) dan bahan bakar minyak yang digunakan dalam mesin kapal. Senyawaan dari minyak bumi ini semuanya dalam bentuk cair dalam suhu ruangan. Minyak pelumas dan gemuk setengah-padat (termasuk Vaselin) berada di antara C16 sampai ke C20.  Sedangkan rantai di atas C20 berwujud padat, dimulai dari "lilin, kemudian tar, dan bitumen aspal.
Titik pendidihan dalam tekanan atmosfer dari fraksi distilasi minyak bumi (oC) adalah sebagai berikut.

-
Minyak eter: 40 - 70 oC (digunakan sebagai pelarut)

-
Minyak ringan: 60 - 100 oC (bahan bakar mobil)

-
Minyak berat: 100 - 150 oC (bahan bakar mobil)

-
Minyak tanah ringan: 120 - 150 oC (pelarut dan bahan bakar untuk rumah tangga)

-
Kerosene: 150 - 300 oC (bahan bakar mesin jet)

-
Minyak gas: 250 - 350 oC minyak diesel/pemanas)

-
Minyak pelumas > 300 oC (minyak mesin)

-
Sisanya: ter, aspal, bahan bakar residu


F.       Hasil olahan minyak bumi


Dari skema di halaman sebelumnya kita dapat melihat hasil-hasil dari proses destilasi minyak mentah. Diatnaranya yaitu :
  • LPG
    Liquefied Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA dengan brand ELPIJI, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak (Kilang BBM) dan Kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propana (C3H8) dan butana (C4H10) lebih kurang 99 % dan selebihnya adalah gas pentana (C5H12) yang dicairkan

  • Bahan bakar penerbangan
    Bahan bakar penerbangan salah satunya avtur yang digunakan sebagai bahan bakar persawat terbang.

  • Bensin
    Bensin merupakan bahan bakar transportasi yang masih memegang peranan penting sampai saat ini. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5-C10. Kadarnya bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan kualitas yang diinginkan.

  • Minyak tanah ( kerosin )
    Bahan bakar hidrokarbon yang diperoleh sebagai hasil penyulingan minyak bumi dengan titik didih yang lebih tinggi daripada bensin; minyak tanah; minyak patra.

  • Solar
    Diesel, di Indonesia lebih dikenal dengan nama solar, adalah suatu produk akhir yang digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin diesel yang diciptakan oleh Rudolf Diesel, dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

  • Pelumas
    Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan

  • Lilin
    Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Bahan bakar yang digunakan adalah paraffin

  • Minyak bakar
    Minyak bakar adalah hasil distilasi dari penyulingan minyak tetapi belum membentuk residu akhir dari proses penyulingan itu sendiri. Biasanya warna dari minyak bakar ini adalah hitam chrom. Selain itu minyak bakar lebih pekat dibandingkan dengan minyak diesel

  • Aspal
    Aspal ialah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang


G.      Dampak negatif penggunaan minyak bumi
1.      Pencemaranudara

Turunnya kualitas udara akibat zat sisa dari pemakaian minyak bumi
  1. Perubahan iklim
Penggunaan minyak bumi akan menghasilkan zat sisa berupa CO2¬. Gas tersebut dapat menimbulkan efek rumah kaca di bumi sehingga terjadilah pemanasan global yang sekarang ini sedang terjadi. Pemanasan global tersebutlah yang memicu perubahan iklim di berbagai balahan dunia
  1. Pencemaran air
Eksploitasi miyak bumi dengan menggunakan kapal tangker, tidak menutup kemungkinan adanya kebocoran pada kapal tangker tersebut. Karena kapal tangker itu bocor, maka minyak mentah yang ada di dalamnya akan keluar dan jatuh keair sehingga mengakibatkan pencemaran air.
H.    Manfaat Minyak Bumi
1.  Bensin
    Bensin yang merupakan bahan bakar kendaraan bermotor dibuat dari minyak bumi. Melewati proses distalasi yang memisahkan hidrokarbon pada minyak bumi. Karena merupakan campuran dari beberapa bahan yang tentu saja membuat kualitas bensin berbeda beda. Penentuan kualitas bensin ditentukan berdasarkan daya bakar yang bisa dihasilkan. Daya bakar ini sangat erat kaitannya dengan oktan.

2.  Gas Alam
    Bahan utama bisa didapatkan di daerah yang mengeksplor minyak bumi. Setelah melewat proses distalasi kita bisa menggunakannya untuk keperluan sehari-hari

3.  Lilin
    Lilin yang biasa kita jumpai ternyata berbahan baku minyak juga. Lilin setelah abad ke-19 sudah tidak menggunakan lemak sapi lagi. Kegunaan lilin setelah ditemukannya lampu ialah sebagai upacara agama dan juga perayaan ulang tahun

4.  Aspal
    Kalau kegunaan yang satu ini sangatlah vital. Semua kendaraan tentu saja butuh aspal sebagai bahan baku pembuatan jalan. Aspal berasal dari minyak hitam atau minyak bumi

5.  Solar, Kerosin, Nafta, Pelumnas
Solar(bahan bakar bermotor), Kerosin(minyak tanah), Nafta (pelarut) dan pelumnas (mengurangi gesekan)

Energi Alternatif
A.      Pengertian
Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change. Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.
Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi.Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.
B.       Bentuk Energi alternatif
Ø Energi alternatif yang bersahabat dengan lingkungan
               Sumber energi terbarukan seperti biomassa kadang-kadang disebut sebagai alternatif untuk bahan bakar fosil yang membahayakan bagi ekologi, karena jika biomassa dikomersialkan dikhawatirkan akan membahayakan hutan sebagai penghasil biomassa terbesar (kayu juga merupakan biomassa). Energi terbarukan belum tentu energi alternatif dengan tujuan tersebut. Seperti contoh, di Belanda, yang pernah digunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar bio, saat ini dihentikan akibat bukti ilmiah bahwa penggunaannya menciptakan kerusakan lebih parah dibandingkan bahan bakar fosil, seperti kemungkinan ekspansi lahan kelapa sawit yang dapat menghabiskan hutan alami. Mengenai bahan bakar bio dari bahan pangan, realisasi mengkonversi seluruh hasil panen di Amerika Serikat hanya mampu menggantikan 16% bahan bakar mobil yang dibutuhkan, dan pemusnahan hutan hujan tropis, yang selama ini sebagai penyerap CO2, untuk dijadikan ladang penghasil bahan bakar bio, sangat jelas akan mengakibatkan efek negatif yang sangat signifikan bagi ekologi dan menghasilkan peningkatan harga bahan pangan akibat kompetisi pasar. Saat ini, alternatif terhadap bahan bakar bio berkelanjutan sedang diupayakan dalam bentuk etanol selulosit.
Ø Alternative zero karbon
               Dari sudut pandang isu perubahan iklim, bahan bakar ekonomis rendah karbon adalah sumber alternatif untuk mengeliminasi emisi karbon dan metana.Demi tujuan ini, sumber energi terbarukan dan berkelanjutan seperti biomassa, dan hidrogen yang dihasilkan dari gas alam, tidak tersedia secara ekonomis untuk melawan peningkatan karbon secara global.Energi nuklir dan tehnik penangkapan dan penyimpanan karbon seperti teknologi batu bara bersih adalah teknologi energi alternatif yang rendah emisi karbonnya, namun tidak sesuai dengan tujuan bahwa energi alternatif harus tidak merusak lingkungan.
Ø Alternatif kemandirian energi
               Di Eropa, terdapat harapan untuk lebih mandiri dan tidak bergantung lagi terhadap suplai energi (minyak dan gas) dari Rusia, begitu juga di Amerika Serikat yang berharap terbebas dari impor minyak yang diproduksi oleh negara lain. Dari sudut pandang ini, gas alam domestik, bahan bakar fosil, adalah energi alternatif terhadap bahan bakar yang diimpor dari luar.Ini adalah sudut pandang T. Boone Pickens yang menjelaskan Pickens Plan untuk kemandirian energi, dan merefleksikan undang-undang di Negara Bagian Florida, Amerika Serikat.Meski gas alam tidaklah dapat diperbarui, namun dalam sudut pandang ini, hal tersebut adalah energi alternatif.
Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitQH8Bd6oo-CJN6qJqTy6X4DuU7pVc3Qn-QAYlkD5TdYHF1pLpYtN8tCTwmiCrWfCUwtqCIuA0ZnOhZbUK3FGCt0_DY-jCde0kLCl4JCEsyyle7SjtV1t-8e-MMVskX_N8_zn3cN-vUKE/s320/panel+surya+energi+matahari.jpgEnergi surya
               Energi surya atau matahari adalah sumber energi paling kuat dan paling besar persediaanya. Sinar matahari dapat digunakan untuk pencahayaan, pembangkit listrik, pemanas air, dan berbagai proses industri. Matahari bisa digunakan untuk menghasilkan listrik dengan bantuan panel surya yang dapat mengolah energi panas matahari menjadi listrik.Tapi, energi listrik menjadi tergantung dengan keadaan cuaca.

      Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHiUindkV7MmU9znMrrG8ANJ2b_St-l8vS4yJLbijcRw1grNQvsN9wAuNiW1798IYQPr1dKTGKlfA037ZIS-iM5EljI-PpyvZLaLdcdZg0Agwk5t_LtFx-usVVuTXY8SnATlMfvy1ryCg/s320/energi-angin.jpgEnergi angin
     Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika terdapat udara hangat dan udara dingin.Energi angin telah digunakan selama berabad-abad untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggiling gandum.Saat ini, energi angin digunakan sebagai pembangkit listrik dengan turbin angin.Energi angin sangat tergantung dengan keadaan angin.


    Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxg5wJRHGnlMvEAJuNdmsv1NjRxp1U9qMr43WNzveoAvUetE8UTxZ6pMcGftmGpKZKRCnKO2xXB97VMd2Mgh20QEuHp11AD9fv3sRDES6TWJ-M3LhZIUo-OQX_SULHPR7n4G6Sk-KbNGc/s320/hydropower2_large.jpgHydropower
               Air yang mengalir dari hulu ke hilir.Energi hydropower sangat bergantung dengan curah hujan.Seperti yang kita ketahui, panas matahari menyebabkan air di danau dan lautan menguap dan membentuk awan.Air kemudian jatuh kembali ke bumi sebagai hujan atau salju, dan mengalir ke sungai dan sungai yang mengalir kembali ke laut. Air yang mengalir ini dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator yang dapat menghasilkan listrik.

                                                                Ø Energi biomassa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqQUP_0zl0SU-cb2ps-nPI9AOaz2b7eDmVVKN_mUhEsJRhAmzUIlBOpS6mA0Oj9F173o_p-6YQ5_nnoIfG44psQEUTBby5plQpK0ar5c-x5kjHEV1mpPqwB3-rtabS0Y8L41IiYy-1Yic/s320/biomassa.jpg   Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput,, limbah pertanian dan kehutanan, residu, komponen organik dari limbah kota dan industri, bahkan gas metana dari tempat pembuangan sampah. Biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, sebagai bahan bakar untuk transportasi dll. Namun, tentu biomassa akan menghasilkan energi listrik yang berbau tidak sedap.


    Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi5hgQxMn4AGxX1GqMr1yYNOwFPkTQFUqrWyjNv4uYxolIMUR1G1bShI4ld5C2nYwi7IwocYVFEXbFG2f0XX0ImoAMtw_7pCMlwlRUWWJzB_nR4ykqkCmwuvLAGMe0mabRuSfeqEUEt4k/s320/hydrogen.jpgEnergi gas Hidrogen
Gas hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal.Hidrogen adalah elemen paling umum di bumi.Air merupakan dua-pertiga bagian dari hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya. Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untukmenghasilkan listrik.  Hidrogen dapat dicampur dengan gas alam dan menciptakan bahan bakar untuk kendaraan.Hidrogen juga digunakan pada kendaraan yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya.Walaupun begitu, harga untuk penggunaan hidrogen masih relatif mahal.
                                                                          Ø Energi panas bumi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFkJR5nNIZNBSznpXmoo0m6Muqd4_c6faQ4P4j1_JJQQP5S0Iq5t2aoQDpUusX4P8e8auWi8iJXzmt1cQsBsUAyyX6G3utGkJ1sjGOdjaHIE2w7K25e9Xu3n_fP_jSg2dbC14I3LLGb70/s320/pembangkit+listrik+tenaga+panas+bumi+2.jpg       Panas di dalam bumi menghasilkan uap dan air panas yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik dan menghasilkan listrik atau untuk aplikasi lain, seperti pemanasan rumah dan pembangkit listrik untuk industri. Energi panas bumi dapat ditarik dari waduk bawah tanah dengan pengeboran, atau dari reservoir panas bumi yang terletak lebih dekat ke permukaan.Tapi, tentu saja ini memelukan teknologi yang mahal.

     Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEil0jjWVW5ieC7v8X18FCsbBZ-75ULvic0_JWr-xfa9Jscz_PYdcVbHTIfXULXrnmiTso0pYJeREusf-7Qzy0gwz6Zu5Q2xsJxPErfBGCBtBO-u94gHHoq-331jwaUHs0YwPPTZOXRj7mQ/s320/gelombanglaut.jpgEnergi gelombang air laut
               Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan, dan masing-masing didorong oleh kekuatan yang berbeda.Energi dari gelombang laut dan pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dan energi termal laut dari panas yang tersimpan dalam air laut dapat juga diubah menjadi listrik.Meskipun pada masa sekarang, energi laut memerlukan teknologi yang mahal dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, selain itu energi yang dihasilkan oleh gelombang air laut hanya bisa digunakan di sekitar daerah laut saja. Tapi laut tetap penting sebagai sumber energi potensial untuk masa depan.
     Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-UmKKprP9JMm3g5bBD1NS5bhtOxbIDrT3vSGL_iMxzu9O0K0VLa1njoUH1qu-aTOsPDO8-51rVb2HCSm4kR55flQx3omPwqImxoEDGp4yK5ioaYEWaKSFCnALnfc6vnL6LQTdNCSOEsw/s320/energy-brazil-sugarcane-ethanol.jpgEnergi ethanol / Biofuel
   Merupakan bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman, seperti jagung dan gandum. Bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan kualitas emisi. Namun, ethanol memiliki dampak negatif terhadap harga pangan dan ketersediannya.


     Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4a7fMSj_J6UcbyFJB41kJMY9zIQadNHm6-U9C0jsG-tmN6_I8c2_k3FNLCj4AMGHcj2Q_lPB7IqLfkS34s8V5Ni6gIEF4zeYiAGow4ySnPaZvlfaZDZQAKYop7GLjYOngDIWpMnnLtYI/s320/natural-gas.jpgEnergi gas alam
    Gas alam sudah banyak digunakan di berbagai negara yang biasanya untuk bidang yang cukup besar seperti properti dan   
 bisnis. Jika digunakan untuk kendaraan, polusi yang dikeluarkan akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak. Akan tetapi, efek rumah kaca yang dihasilkannya 21 kali lebih buruk, karena metana yang dihasilkan energi gas alam tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5A7fLlVdwSFKDN1YTHS4gbVQ_5mD0tp3zR5svGs7Yuk_sP1gn_BcTlvXnnrVvnH8xwU08RhVoQGfuVMPFVV-DZ_nLu3voKFGi0DLS2qOvTzdKlNfwEcvU2KM_bwauryEaZwxQ43rkZC0/s320/LP_gas.jpg
    Ø Energi propana
    Propana atau yang biasa dikenal dengan LPG merupakan produk dari pengolahan gas alam dan minyak mentah.Sumber tenaga ini sudah banyak digunakan sebagai bahan bakar.Propana menghasilkan polusi lebih sedikit dibandingkan bensin, namun penciptaan metananya lebih buruk 21 kali lipat yang dapat menyebabkan meningkatnya efek rumah kaca.

     Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYX-7HV1uUkw_AEAHbS2I4whjEYNZHk7qRd-pbhVklcCP2sOKZu9kpQ4F_8fAgZX6OHD-oQ_R2vzBfJcRIzf-z0vleuDGU9SG2jw4aZl_hXPYExEh0TSWq62dz77-AToMy7KL7eg5xCpg/s320/biodiesel.jpgEnergi Biodiesel

Biodiesel merupakan energi yang berasal dari tumbuhan atau lemak binatang. Biodesel yang murni atau campuran dapat digunakan sebagai energi untuk menggerakan kendaraan. Biodiesel mampu mengurangi polusi yang ada, akan tetapi terbatasnya produk dan infrastruktur menjadi masalah pada sumber energi ini.


    Ø https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJP6bSSyhAZIycZLs_Spf1RVJ8IeRcfph8qXjLMaVzhvW4MvWK6Ep2iS8DxqUXaxRk_CeuEBLK-Fy7lyYCrROFMlpoL57IyYgZt7UvJPTf4e-STvFq2l023DXj_iea_6bItPCQh_5WSbk/s320/Methanol+Fuel.jpgEnergi Methanol
   Methanol yang juga dikenal sebagai alkohol kayu dapat menjadi energi alternatif pada kendaraan. Methanol dapat menjadi energi alternatif yang penting di masa depan karena hidrogen yang dihasilkan dapat menjadi energi juga. Namun, sayangnya sekarang ini produsen kendaraan tidak lagi menggunakan methanol sebagai bahan bakar.

Ø Energi P-series
     P-series merupakan gabungan dari ethanol, gas alam, dan metyhltetrahydrofuran (MeTHF).P-series sangat efektif dan efisien karena oktan yang terkandung cukup tinggi. Penggunaannya pun sangat mudah jika ingin dicampurkan tanpa ada proses dengan teknologi lain. Akan tetapi, hingga sekarang belum ada produsen kendaraan yang menciptakan kendaraan dengan bahan bakar fleksibel ini.

                                                                   Ø Energi piezoelektrik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3FHvQNZHQYZZNzjfhqBn3vnhwDyogazwT5AXPpUnRw1Vcvph4nKYC9BygNXXGTv3a8HqM0J_KYew3-5z2z3IEqtqcN4Wqx6EcbZJbmZt5zQGdlEU-7VMWG6tqnVgSWZAK9xA048D5tbs/s320/piezoelectric.jpg
Piezoelektrik merupakan sistem yang dapat mengubah gaya mekanik,  khususnya gaya tekanan menjadi energi listrik. Piezoelektrik ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik di tempat-tempat umum seperti contohnya stasiun kereta di Jepang dan Disco House di London. Jadi piezoelektrik ini mengunakan gaya tekanan yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di area tersebut. Namun sayangnya penggunaan energi piezoelektrik belum sepenuhnya diterapkan di dunia.







                                                BAB III
PENUTUPAN
A.  Kesimpulan
Proses pembentukan minyak bumi yaitu berasal dari reaksi kalsium karbida, CaC2 (dari reaksi antara batuan karbonat dan logam alkali) dan air yang menghasilkan asetilena yang dapat berubah menjadi minyak bumi pada temperatur dan tekanan tinggi. Komponen utama dari minyak dan gas bumi adalah alkana.Dan minyak bumi dimurnikan melalui distilasi bertingkat.Minyak bumi selain bahan bakar juga sebagai bahan industri kimia yang penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari yang disebut petrokimia.Akan tetapi di balik banyak manfaat tadi minyak bumi juga mempunyai beberapa dampak negatif yang sangat berbahaya bagi lingkungan, seperti pemanasan global, hujan asam, dan lain – lain. Yang semuanya itu berdampak langsung bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.

B.   Saran
Saran saya adalah kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian alam dan menjaganya dengan baik, seperti halnya dalam minyak bumi, seharusnya kita sebagai manusia khususnya bagi para pengusaha – pengusaha pertambangan tidak mengeksplorasi secara besar- besaran karena minyak bumi merupakan energi yang tak terbarukan dan membutuhkan jutaan tahun tuk mendapatkannya. Selain itu, masih banyak energi yang bisa menggantikan minyak bumi,  maka sebaiknya dikembangkan. Dan energi alternatif merupakan energi yang \
lebih ramah lingkungan.


DAFTAR PUSTAKA



0 komentar