Penyelenggaraan Kekuasaan Negara

pada post ini, ada tugas lagi - lagi pkn mengenai kekuasaan negara dari berbagai aspek.
semoga bermanfaaat!




Tugas Mandiri 4.1
Nah setelah membaca uraian diatas, coba kalian uraikan dalam satu paragraph mengenai pentingnya kekuasaan Negara. Informasikanlah pendapat kalian kepada teman yang lainnya.
Kekuasaan Negara itu penting, karena tanpa adanya kekuasaan Negara dapat terjadi penumpukan kekuasaan pada salah satu oknum atau salah satu pihak saja. Dan juga dapat mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan. Dan juga operasional dan segala macam hal lainnya menyangkut pertahanan, keamanan, dan kesatuan akan diperintah dan dipikirkan oleh satu orang saja, dan akan berakibat sentralisasi.

Tugas Mandiri 4.2
Coba kalian cari informasi dari buku sejarah atau internet mengenai nama – nama cabinet dari mulai presiden pertama hingga presiden saat ini. tulislah informasi yang kalian temukan di tabel berikut ini.
Presiden ke -
Nama Presiden
Nama Kabinet
1
Ir. Soekarno
Presidensial, kerja I, Kerja II, Kerja III, Kerja IV, Dwikora I, Dwikora II, Dwikora III, Ampera I.
2
Jend. Soeharto
Ampera II, Pembangunan I, Pembangunan II, Pembangunan III, Pembangunan IV, Pembangunan V, Pembangunan VI, Pembangunan VII.
3
BJ Habibie
Revolusi Pembangunan
4
Abdurahman Wahid
Persatuan Nasional
5
Megawati S. P.
Gotong Royong
6
Susilo Bambang S.
Indonesia Bersatu I dan Indonesia Bersatu II.
7
Jokowi
Kerja

Tugas Mandiri 4.3
Nah, setelah kalian membaca materi pembelajaran di atas, coba kalian kelompokkan kementrian Negara Indonesia berdasarkan lingkup tugasnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.
No.
Lingkup Tugas
Nama Kementrian
1
Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
Terdapat kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan juga terdapat kementrian koordinasi hokum, politik, dan keamanan.
2
Bidang Perekonomian
Kementrian Perindustrian, Perdagangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, dan kementrian koordinasi bidang perekonomian.
3
Bidang Kesejahteraan Rakyat
Terdapat Kementrian tenaga kerja dan transmigrasi, pekerjaan umum, kesehatann, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dan kementrian koordinasi bidang kesejahteraan rakyat.

Tugas Kelompok 4.2
Bacalah secara berkelompok buku sumber dan peraturan perundang – undangan yang berkaitan dengan keberadaan Lembaga Pemerintah Non – Kementrian. Kemudian identifikasi tugas dan fungsi dari lembaga – lembaga yang disebutkan di atas. Tuliskanlah hasil identifikasi kalian dalam tabel di bawah ini.
No.
Nama Lembaga Pemerintah Non Kementrian
Tugas dan Fungsi
1.
Badan Intelejen Negara (BIN)
Tugas dari BIN itu sendiri adalah untuk mengawasi dan menjalankan atau menindaklanjuti kasus – kasus yang mengancam keamanan Nasional. Sedangkan, fungsi dari BIN itu sendiri adalah untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI dan kemanan Nasional.
2.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
Tugas dari BMKG adalah untuk mengawasi dan mengambil tindakan jika NKRI mendapat bahaya bersifat kealaman. Seperti, bencana, udara, dan lain sebagainya. Sedangkan, fungsi dari BMKG adalah untuk mengawasi, mengambil data, mengolah, menganalisis, mengambil tindakan, dan menyampaikan informasi jika terdapat sesuatu yang aneh.
3.
Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)
Tugas dari Lemhannas adalah untuk menyiapkan sebuah cabinet tingkat Nasional untuk mempimpin bangsa, menyajikan laporan – laporan strategis untuk perencanaan kedepannya, dan juga untuk membina kerjasama dalam dan luar negeri.
4.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)
Tugas dari Perpusnas adalah untuk menjalani undang – undang perpustakaan dan melestarikan pustaka budaya bangsa. Sedangkan, fungsi dari Perpanas adalah menkoordinasikan dan menjalankan ketetapan mengenai perpustakan, melakukan pembinaan terhadap masyarakat mengenai perpustakaan, dan mengadakan pelayanan dan pengayaan administrasi umum bidang perencanaan umum.
5.
Badan Pertahanan Nasional (BPN)

Tugas dari BPN adalah untuk mengawasi aparat pemerintahan agar melakukan pekerjaannya dengan sigap dan tak ada pelanggaran hukum, dan juga untuk terus meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sedangkan, fungsi dari BPN adalah untuk mengawasi pembagian tanah di RI, pengkajian atas masalah – masalah pertahanan, dan mengenasi administrasi tanah.

Tugas Mandiri 4.4
Dalam penyelenggaraan pemerintahan di Negara kesatuan dikenal beberapa asas lainnya, diantaranya sentralisasi, desentrasilisasi dan dekonsentrasi. Nah berkaitan dengan hal itu, coba kalian cari pengertian ketiga asas tersebut dari buku sumber lainnya atau internet. Tuliskan pengertian ketigas asas tersebut dalam tabel di bawah ini. informasikanlah kepada teman yang lainnya.
No.
Nama Asas
Pengertian
1
Sentralisasi
Sentralisasi adalah penyerahan kekuasaan serta wewenang pemerintahan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Pemerintah pusat di sini maksudnya adalah presiden dan Dewan Kabinet. Kewenangan yang dimaksud adalah kewenangan politik dan kewenangan administrasi. Kewenangan politik adalah kewenangan membuat dan memutuskan kebijakan sedangkan kewenangan administrasi adalah kewenangan melaksanakan kebijakan.
2
Desentralisasi
Desentralisasi adalah penyerahan wewenang dari pusat kepada daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri, namun tidak untuk semua hal, kemananan, hukum dan kebijakan fiskal adalah beberapa hal yang masih terpusat, namun ada pendelegasian kepada daerah.
3
Dekontralisasi
Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang administrasi dari pemerintah pusat kepada pejabat di daerah. Perlu digaris bawahi, pelimpahan wewenang di sini adalah hanya sebatas wewenang administrasi, untuk wewenang politik tetap dipegang oleh pemerintah pusat.

21 komentar

  1. Terima kasih infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terima Kasih buat infonya , sangat membantu buat tugas saya :)

    BalasHapus
  3. terima kasih atas infonya, sangat membantu :D

    BalasHapus
  4. terima kasih atas infonya, sangat membantu :D

    BalasHapus
  5. pertamax... gannn ... makasih udah share ....
    Share lagi ya tugas selanjutnya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa semoga bisaa share yg lain yaa
      sama2, suksess!

      Hapus
  6. Akhirnya ada yg baik hati share ginian thx banget kk

    BalasHapus
  7. Ternyata Dari Sma yg sama wkkw thx banget senpai

    BalasHapus
  8. terimahkasi,blog anda sangat membantu saya :)

    BalasHapus
  9. Terimakasih ini sangat membantu saya

    BalasHapus
  10. lanjutan nya bro............

    BalasHapus